Anda sendiri pernah merasa bingung
pada saat memilih barang. Dengan jumlah uang yang anda miliki anda
harus tepat dalam menentukan pilihan barang yang akan anda beli.
Misalnya, anda diberi uang jajan sebesar 44.000,00 per hari. Dalam satu
hari, anda dapat menabung sebesar Rp2.000.00. Setelah satu bulan,
tabungan anda sudah mencapai Rp60.000.00. Pada saat awal bulan
berikutnya, anda berkeinginan membeli buku tulis, tas, pulpen, dan buku
pelajaran. Oleh karena semua kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi
sekaligus, mengingat dana yang tersedia terbatas, anda harus bisa
memilih kebutuhan apa yang lebih diprioritaskan.
Beragamnya barang
dan jasa yang ditawarkan produsen menuntut pemilihan barang dan jasa
yang lebih selektif oleh konsumen. Sebagai konsumen tentunya anda
memiliki peran yang besar dalam menentukan pilihan terhadap barang atau
jasa. Oleh karena itu, dapat dijelaskan konsumen memiliki peran, yaitu
sebagai berikut.
a. Konsumen sebagai pengguna dari barang atau jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen.
b. Konsumen sebagai motivator bagi kegiatan perusahaan, karena semakin banyak barang atau jasa yang digunakan konsumen semakin tinggi motivasi produsen dalam memproduksi barang atau jasa tersebut.
c. Konsumen dapat menciptakan efek berantai (multiplier effect) dalam terciptanya peningkatan pendapatan nasional (GNP) suatu negara.
b. Konsumen sebagai motivator bagi kegiatan perusahaan, karena semakin banyak barang atau jasa yang digunakan konsumen semakin tinggi motivasi produsen dalam memproduksi barang atau jasa tersebut.
c. Konsumen dapat menciptakan efek berantai (multiplier effect) dalam terciptanya peningkatan pendapatan nasional (GNP) suatu negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar